Keraton Sumenep menjadi satu-satunya keraton di Jawa Timur yang hingga kini terus didatangi ribuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Keunikan keraton ini selain menyimpan puluhan benda-benda artefak peninggalan raja, juga terdapat pintu gerbang utama yang sangat ikonik yang disebut Labheng Mesem (baca, pintu tersenyum).

Keraton ini telah berusia ratusan tahun, berdiri semenjak Kolonial Hindia Belanda masih menjalankan praktik perdagangan melalui VOC di bumi Nusantara.

Dibangun di era penguasa Bindara Saod dan dilanjutkan putranya Pangeran Natakusuma (pangeran Asiruddin).

Keraton itu kini sudah ditetapkan menjadi bagian dari cagar budaya beserta Museum Keraton Sumenep.

Selain menyaksikan Keraton Sumenep, pengunjung juga bisa melihat salah satunya sumber mata air di Taman Sare.

Tiga wisatawan mengambil foto di Taman Sare (Sumber: Instagram Iam Ramdhan)


Menurut sumber internal Keraton, Taman Sare dulunya adalah tempat pemandian para putri raja dan keluarganya. 

Bangunan kolam pemandian ini memiliki tiga tangga pintu utama. Konon, ketiga pintu itu jika dilewati memiliki tuah tersendiri.

Walau hanya sebagai mitos, tetapi tidak sedikit para pengunjung memercayai keberadaan mitos tersebut.

Ini mitos yang berkembang di Internal penjaga keraton dan para pengunjung terkait keberadaan tiga tangga di Taman Sare tersebut.

Di pintu tangga pertama, jika pengunjung membasuh wajahnya dengan air kolam maka dipercaya wajahnya akan awet muda dan dimudahkan untuk mendapat jodoh.

Pada pintu tangga kedua, pengunjung akan dipermudah untuk urusan menaikkan karir dan juga jabatan. 

Sedangkan, pada pintu tangga ketiga meningkatkan iman dan ketakwaan. 

Dengan kepercayaan seperti itu, wajar jika sumber mata air di lingkungan keraton Sumenep ini cukup disakralkan dan dirawat dengan baik.

Beberapa wisatawan meluangkan waktu untuk singgah ke tempat ini, lalu membasuh wajah dengan air dari ketiga sumber mata air di Taman Sare.

Tidak jauh dari lokasi kolam Pemandian Puteri raja Sumenep ini, terdapat gazebo untuk beristirahat dan rehat. Suasana terasa sangat sejuk.

Kamu tertarik untuk membuktikan kebenaran tuah di tangga Taman Sare Keraton Sumenep. Silakan berwisata ke tempat ini. * *